Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

 

Sudah cukup lama rasanya dari terakhir kali saya menulis tentang tips mengenai blogspot atau yang juga dikenal sebagai blogger. Di kesempatan ini, saya ingin membahas tentang bagaimana sih cara mengganti template di blogspot. Sebenarnya cara mengganti template blogspot ini sudah banyak sekali dibahas di berbagai website di luar sana.

Tapi apa salahnya saya ingin membahasnya juga dan tentunya saya akan menyampaikannya dengan menggunakan gaya saya sendiri. Nah, sebelum kita mulai membahas caranya, mari kita mulai dengan sebuah pertanyaan sederhana: mengapa kita ingin mengganti template blogspot kita?

 

Mengganti template

 

Mengapa Mengganti Template Blogspot?

 

Pada dasarnya, template atau desain tampilan bawaan dari blogspot itu sudah sangat baik. Semua fitur sudah ada di sana dan tampilannya juga nyaman dilihat. Akan tetapi, karena kita menggunakan template bawaan, akan ada kesan bahwa blog kita sama dengan blog orang lain yang menggunakan template bawaan blogspot juga.

 

Jadi tidak ada kesan “ekslusif” dan unik di sana. Inilah kenapa kebanyakan orang ingin mengganti template bawaan blogspot dengan template pilihan mereka. Alasan yang lain adalah berhubungan dengan keinginan agar blog bisa memiliki penampilan yang lebih profesional.

 

Di Mana Bisa Mendapatkan Template Blogspot?

 

 

Jika yang Anda inginkan adalah template blogspot yang custom, maka mau tidak mau Anda harus mencarinya terlebih dahulu. Sebenarnya tidak susah untuk bisa mendapatkan template blogspot yang custom ini. Anda hanya harus melakukan pencarian di mesin pencari. Ada beberapa website yang menyediakan template custom tersebut.

 

Silakan Anda cari terlebih dahulu mana yang sekiranya sesuai dengan keinginan Anda dan kemudian kita bisa beralih ke cara untuk mengganti template blogspot. Nantinya file template blogspot custom tersebut akan berupa .xml.

 

Cara Mengganti Template Blogspot

 

1. Masuk ke Akun Blogspot

 

Ya, mau tidak mau, jika Anda ingin mulai mengganti template blogspot Anda, Anda harus masuk ke akun blogspot. Pastikan Anda menggunakan username yang sesuai dan juga password dengan tepat. Setelah Anda masuk ke blogspot Anda, silakan langsung menuju ke menu “Tema” kemudian pilih “Edit HTML”. Kemudian Anda bisa membuka file template blogspot custom yang sudah Anda download sebelumnya. Copy semuanya yang ada dalam file template blogspot custom tersebut dan paste ke kolom “Edit HTML”.

 

masuk akun blog

 

Setelah itu, Anda bisa menekan “Simpan Template”.

Di tahap ini, sebenarnya template blogspot Anda sudah berhasil diubah. Akan tetapi, bukan berarti tugas Anda sudah selesai. Ketika Anda melihat hasil pergantian template blogspot yang baru dari yang lama, kemungkinan besar Anda akan menemukan beberapa widget yang tidak sesuai pada tempatnya. Nah, untuk memperbaikinya, Anda harus melakukannya secara manual. Caranya adalah seperti di bawah ini.

 

2. Mengatur Widget

 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kemungkinan besar widget Anda akan berantakan setelah Anda mengganti ke template blogspot yang baru. Penempatan widget yang berantakan ini tentunya tidak baik dan akan mengganggu pengunjung blog Anda. Untuk itu, Anda bisa masuk ke “Tata Letak” dan Anda bisa mulai menata widget-widget yang Anda butuhkan untuk blog Anda.

 

mengubah tampilan gadget

 

Sesekali, cek tampilan blog Anda untuk memastikan bahwa penataan widget yang Anda lakukan sudah seperti yang Anda inginkan.

Bagaimana? Mudah bukan untuk mengganti template blogspot? Bagi Anda yang masih pemula di dunia blogging, Anda tidak perlu khawatir untuk mencoba karena cara di atas amat sangat mudah untuk dilakukan.

Share this post

Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe: