Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

 

Ngasilin duit harus jadi novelis? Menurutku tidak serumit itu sih kalau jaman sekarang. Saat ini eranya sudah berubah, dimana bacaan digital itu menjadi kebutuhan khusus di dunia kaum urban yang sibuknya luar biasa.

Nah, dimana kesempatannya?

Untungnya kebutuhan artikel saat ini berbeda dengan novel atau buku, atau bahkan kolom koran yang harus melewati editing luar biasa. Menjadi penulis digital tidak melulu lewat proses panjang seperti itu. Kecuali kalau memang dari media online besar dan profesional. Pembaca saat ini punya selera yang sangat berbeda. Mereka butuh bacaan yang renyah dan mudah dimengerti, bukan bahasa tingkat dewa yang membuat kernyit dahi dan menambah beban pikiran di waktu sibuk.

Nah, langsung saja. Ini jenis-jenis pekerjaan sebagai penulis yang lumayan banget buat penuhin kebutuhan sehari-hari:

 

Seo content

 

SEO Content Writer

Aku sendiri sudah sekitar 2 tahun lebih menjadi SEO content writer. Dulu bekerja jadi penulis ini karena memang kepepet banget butuh duit. Aku pasang saja thread ke sejumlah forum yang bahas internet marketing. Selain itu aku juga masuk ke forum-forum di Facebook. Hasilnya ternyata tidak mengecewakan. Langsung dihubungin sama klien. Dari menulis ini aku bisa menghasilkan setidaknya Rp. 2,5 juta sebulan dengan jam kerja sekitar 6 jam sehari.

Hal pertama yang harus digarisbawahi saat menjadi penulis artikel khusus SEO ini yaitu mengerti kebutuhan klien. Terus harus paham area yang dibahas. Jangan sampai asal tulis dan dipanjang-panjangkan saja biar banyak. Bisa-bisa kabur.

Publisher

Selain menjadi content writer, aku pelan-pelan membangun blogku sendiri. Uang tadi aku tabung sedikit buat beli Wordpress hosting, domain dan theme. Syukur banget dua bulan menulis sudah diterima di salah satu partner publisher terkenal, Google Adsense. Jenis tulisan yang aku muat juga ringan kok. Seputar kebutuhan cewek saja.

 

publisher

 

Intinya aku menulisnya berdasarkan pengalamanku saja. Yang penting bermanfaat bagi pembaca. Oh ya! Satu lagi. Yang penting jangan sampai copas ya. Bisa didepak oleh Google nanti!

Translator

Kalau bisa bahasa asing, apa lagi kalau bukan Cuma bahasa Inggris, jadi keuntungan lebih nih. Soalnya bisa jadi translator. Profesi ini kalau ditekuni betul-betul sangat bermanfaat loh.Bisa nambah wawasan juga. Nanti jika punya dana lebih bisa ikut sertifikasi khusus untuk translator dan mengembangkan jaringan agar lebih luas karirnya. So, don’t worry!

Copy Writer

Copy writer ini sedikit berbeda dengan content writer SEO ya! Karena tulisannya identik dengan situs jualan. Jadi pekerjaannya membuat landing page atau sales letter. Kalimat yang digunakan sering yang mampu menyihir pembaca. Jadi harus dipastikan bisa membuat kalimat yang provokatif dan membius orang lain untuk membeli.

 

Copywriter

 

So, jadi tidak melulu harus yang punya skill menulis tingkat dewa kan? Aku pikir soal skill menulis bisa dilatih. Semua tergantung bobot yang diminta oleh klien dan juga calon pembaca. Asal kita pinter-pinter menggali ide, semuanya mungkin ya!

Oh, ya! Aku sarankan buat personal blog yang isinya portofolio yang bisa kamu tunjukkan pada klien misal nanti diminta contoh tulisan. Atau kalau kamu memang punya banyak waktu, berikan saja calon klien ‘coba gratis’ supaya mereka percaya dengan kemampuan menulis kita. Aku sudah buktikan beberapa kali dan it works!

Itu saja sih tips dariku yang masih newbie ini. Semoga nanti bisa jadi professional sehingga bisa kembali berbagi pengalaman.

Share this post

Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe: